SYDNEY RD: STREET OF DIFFERENCES

Awalnya mau dikirm untuk Foto Pekan Ini di KOMPAS Minggu, tp setelah dikirm bbrp kali emailnya terus Bounching!! karena file-nya too big 10MB @_@

Berinteraksi dengan berbagai macam orang dari latar belakang suku bangsa, warna kulit, bahasa, dan keyakinan merupakan keseharian potret kota Melbourne, Australia. Perbedaan tersebut bukan penghalang untuk hidup berdampingan secara harmonis. Jalan adalah ruang publik kota yang paling moderat dimana semua perbedaan bertemu membentuk warna warni kehidupan yang dinamis di negeri perantauan. Akhir pekan menjadi saat yang ditunggu untuk melepas lelah di Sydney Rd, membawa keranjang yang penuh dengan belanjaan dan menghabiskan siang di salah satu restoran lokal.

Sydney Rd, Brunswick terletak di sebelah utara pusat kota Melbourne membentang sepanjang 24 km. Imigran mulai membanjiri Brunswick pasca perang dunia kedua diawali oleh Itali, kemudian menyusul Yunani, Turki dan negara lainnya. Berdasarkan sensus tahun 2006, rangking sepuluh besar jumlah penduduk berdasarkan negara kelahirannya ditempati oleh Itali, Yunani, Inggris, China, Selandia Baru, India, Lebanon, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Suasana multikultur tidak hanya terasa dari deretan restoran dan cafe yang menyajikan cita rasa makanan dari berbagai negara, mulai dari si manis ‘Baklava’ asal Turki sampai nasi pecel pedas ala Indonesia.

Sepanjang kaki melangkah atau menaiki satu-satunya tram yang melintasi jalan ini telinga kita akan terbiasa mendengar obrolan multi-bahasa, ternyata hanya 27.3% penduduk yang sehari-harinya berbicara hanya dalam bahasa Inggris.

Cafe, Bar, pasar, klinik, toko klontongan, toko buku, butik, toko sayur organik, klub malam, masjid sampai gereja dan toko barang bekas saling berdampingan satu sama lain menyusun kemajemukan Sydney Rd, yang kesemuannya dibalut dalam harmoni deretan bangunan heritage bergaya Victorian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: