Bocoran KKL Arsitektur akan datang…

Barusan datang dan kembali lagi bertugas di kampus, sudah banyak request untuk mengadakan KKL berikutnya, fiuhhhh…! jadi kapan saya bisa istirahat jadi travel agent ?? jujur pengennya pensiun jadi koordinator yang hrs ngurus semua A-Z , pengennya cuma jadi peserta sajah tanpa pusing ngurus ini itu, tapi semua dosen kok kompak mengidentikan KKL = Indah Mutia ? jelas2 nama saya tidak ada unsur K & L sama sekali -_____-‘

Ok, Let see siapa nanti yg bersedia jadi koordinator, yang  jelas tidak semester ini, karena masih banyak yang harus dikerjakan. Untuk KKL berikutnya setelah Jakarta & Bandung (2010) dan Bali (2012), request para dosen agak sedikit meningkat *halah…minta-nya Luar Negeri !! katanya ga mau kalah sama univ2 di Jawa…*halah lagi* mbok ya ga mau kalah dalam hal akreditasi gituu, request mengerucut ke Singapore dan Malaysia, krn kebetulan thn 2011 kmrn sy pernah mencoba rute backpacking 3 negara dgn biaya cukup murah sktr 5-6 juta hasil hunting tiket promo AirA**a. Dan untuk peserta selain dosen n’ mahasiswa (selected only – pake essay motivasi !! hehe..) kemungkinan alumni juga boleh ikut. kira2 kalo ke singapore apa aja yang bisa dikunjungi, berikut gambarannya:

*sebagai catatan, meskipun mengunakan biro travel tapi itinerary KKL as always berbeda dgn itinerary liburan turis yg biasa ditawarkan biro perjalanan, so jangan mengharap masuk universal studio ato jalan2 di Orchard Road ya! ^_^

SINGAPORE – at least 3 hari, too many things to see from heritage to contemporary architecture

# Singapore City Gallery  @Urban Redevelopment Authority. Disini kita akan melihat bagaimana perkembangan kota singapore dari dulu sampai sekarang, melihat maket masterplan seluruh kota singapore, selain itu kadang ada pameran2 temporer untuk karya2 arsitek dunia.

Maket masterplan singapore @www.wikipedia.com

# Kawasan konservasi Little India, Chinatown, Kampong Glam. Kawasan2 ini dengan deretan bangunan  shophouses / ruko dan bangunan2 heritage lainnya dipertahankan dengan konsep adaptive re-use bangunan2 lama dengan fungsi baru sebagai kawasan yang mewakili identitas kota singapore.

@Masjid Sultan – Kampong Glam

# Boat Quay & Clarke Quay. Merupakan area disepanjang sungai yang merupakan cikal bakal kota singapore, dari daerah bantaran sungai yang kumuh di tahun 1960-an sekarang menjadi pusat hiburan dengan deretan cafe, restaurant dan retails. Bangunan2 heritage masih dipertahankan dengan background gedung2 pencakar langit.

Clarke Quay @www.wikipedia.com

# Marina Bay – Esplanade – Marlion Park. Area ini mewakili wajah singapore saat ini sebagai salah satu metropolis Asia dengan bangunan2 modern sebagai pusat rekreasi dan komersil yang berada di muara teluk singapore, dari Art Center yang menyerupai bunga teratai, hotel dan casino dengan rooftop garden dan kolam renang sampai Gedung pertunjukan yang menyerupai buah Durian dibelah dua.

# Henderson Waves. Pedestrian bridge dr kayu dan baja yang katanya didesain dengan menggunakan konsep parametric sehingga bentuknya tidak biasa, jembatan ini menghubungkan Mount Faber Park dan Telok Blangah Hill Park.

# Garden by the bay. 101 hectars Botanical Garden di tepi teluk singapore yang baru saja dibuka pada Juni 2012, dari websitenya kyknya keren pisann euy …dan saya belum pernah kesana juga😉 So, it’s priority…

# Vivo City (Harbour front) + Sentosa Island. Vivo city adalah pusat perbelanjaan karya Toyo Ito sekaligus entry point untuk menyeberang ke  Sentosa Island menggunakan kereta gantung ato monorail. Sentosa Island  merupakan resort wisata, disini terdapat area rekreasi seperti Ancol dan Dufan serta Universal Studio. Yang sangat menarik sebenarnya menyaksikan pertunjukan musical laser “Song of the Sea” dengan background pantai ketika senja.

designed by DP Architect+Toyo Ito @www.skyrisegreenery.com

# LaSalle College of Art // School of Art Design and Media, NTU. Desain kampus yang menerapkan konsep creative learning – open environment untuk proses pembelajaran. NTU juga menerapkan konsep green roof / design.

School of Art Design and Media, NTU @www.amazonnews.com

Dari Singapore, perjalanan bisa dilanjutkan dengan bis sekitar 4 jam menyeberang ke Malaysia melalui Johor Baru kemudian menuju Malaka (kota warisan dunia dengan perpaduan peninggalan arsitektur china, melayu, portugis, belanda dan Inggris) menginap 1 malam untuk menyaksikan pasar malam di Jonker Walk, keesokana hari-nya melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur – sebelum pulang ke surabaya/Jakarta). Di KL sebenarnya tidak banyak yang bisa dilihat, tidak ada yang spesial, even menara kembar Petronas sekalipun atau kompleks Putrajaya.

NB. Siapa yang berminat ikut, monggo bikin passport segera ya di kantor imigrasi Landasan Ulin, pasport hijau 40 halaman (berlaku 5 thn) biayanya sekitar 270rb (th.2010) dan selesai dalam 1 minggu. Dan jangan lupa mulai lah menabung!!


14 responses to “Bocoran KKL Arsitektur akan datang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: