Menjelajah Negeri Matador

Sebelum lupa menggerogoti ingatan, saya coba menuliskan itinerary perjalanan di spanyol selama 6 hari pada bulan Juni 2012 kmrn dengan tujuan utama Cordoba, Granada dan Barcelona.

Kami (4 girls) memulai perjalanan dari Belanda, Persiapan dilakukan sekitar 1 bulan sebelum keberangkatan, dari booking tiket pesawat, kereta api, hotel dan tiket masuk Alhambra. Dibandingkan trip ke Jerman, Prancis, dan Ceko, trip ke Spanyol benar-benar ‘drive us crazy’ karena sistem keamanan per-bank-an (transaksi online) yang agak ribet, 2 kartu kredit Indonesia kami ditolak plus 1 kartu kredit Belanda juga. Untuk mendapatkan perjalanan dengan budget murah, biasanya transaksi online in advance akan lebih menguntungkan dibandingkan beli tiket dengan sistem Go Show atau beberapa hari sebelum keberangkatan. Ada 2 kota besar di spanyol yakni Madrid dan Barcelona yang memiliki cukup banyak network penerbangan murah ke negara-negara eropa, karena tujuan utama kami adalah ke Alhambra di Spanyol Selatan, maka titik awal perjalanan dipilih dari Madrid dan berakhir di Barcelona. Untuk menuju Granada ada juga alternatif penerbangan via Malaga.

Day 01. Eindhoven – Madrid

Perjalanan dimulai dengan budget airlines Ryanair dari Eindhoven. Rata-rata budget airline di eropa menggunakan airport2 kecil yang tersebar di daerah pinggiran seperti Eindhoven, Maastricht, Rotterdam/The Hague dan Groningen. Untuk penerbangan ke Spanyol saya berhasil mendapatkan tiket yang cukup murah seharga 20 euro (one-way tanpa bagasi+insurance) ke Madrid. Nama-nya ‘budget’ plus airport kecil pelayanan dan fasilitasnya berbeda dengan airport utama seperti Schiphol, at least sediakan waktu 2-3 jam sebelum jadwal keberangkatan sudah ada di airport untuk check in, pemeriksaan bagasi dan imigrasi serta antri. Perlu diperhatikan, penerbangan dengan Ryanair tanpa bagasi HANYA diperbolehkan membawa 1 tas cabin max.10 kg dengan ukuran tertentu, kalau ada tas tangan, tas kamera semua harus dimasukan jadi 1 tas, di airport akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Dari Eindhoven Central Station tersedia public transport (bus 401) menuju airport yang berangkat setiap 10 menit dengan waktu tempuh 25 mins, sediakan koin 3 euro untuk beli tiket di dalam bus (ticket machine) atau bisa menggunakan OV-chipkaart.

Perjalanan Eindhoven-Madrid ditempuh dalam waktu 2 jam 40 mins, mendarat di terminal T1 Madrid Barajas Airport yang terletak 7 km dari pusat kota. Sebelumnya kami sudah booking Hotel (€52/room/2 person-ensuite) di dekat Atocha Train Station, station utama yg melayani rute2 train antar kota di spanyol. Di madrid kami cuma transit 1 malam sebelum besok pagi-nya melanjutkan perjalanan dengan kereta ke Cordoba. Dari terminal T1 menuju Atocha Renfe tersedia shuttle bus 24 hours – Expres Aeropuerto waktu tempuh normal 40 mins, tiket langsung beli ke bus driver seharga 5 euro (2012).

Waktu transit yang singkat kami gunakan untuk melihat-lihat jantung kota madrid di malam hari yakni Plaza Mayor dan area komersial di Sol sambil menikmati makan malam khas spanyol La Paella (a.k.a nasi goreng seafood), syukurnya di Madrid toko-toko buka sampai jam 9-10 malam (summer) termasuk juga tempat makan yang masih banyak dipadati pengunjung sampai jam 12 malam. Public transport di Madrid cukup terpercaya: mudah, aman dan bersih.  Dari depan hostel kami cukup menggunakan metro menuju station Puerta de Sol (2 stop) dengan tiket seharga €1,5 one way beli di mesin dengan koin atau uang kertas.

Berburu official Real Madrid T-Shirt at Sol (c)Jilbabtraveler

Day 02. Madrid-Cordoba

Berhubung kartu kredit kami ditolak untuk membeli tiket kereta online  di website RENFE dan mencoba via vendor lain seperti Rail Europe dan TGV  juga gagal, satu-satunya cara adalah beli langsung di loket secara cash! dengan resiko tidak mendapatkan harga promo seperti yang tersedia online. Untungnya jadwal kereta cepat ke Cordoba ada setiap 1 jam sekali, dimulai dari jam 6.30 AM sehingga tidak perlu khawatir kehabisan tiket. hari pertama tiba di Atocha station Madrid kami langsung membeli tiket di loket renfe, dengan berbekal info harga yang kami liat online Alhamdulillah tryt msh bisa mendapatkan tiket promo kelas turista untuk 4 orang  dengan harga €35/org, bayangkan saja kalau sudah habis bisa-bisa kami harus merogoh kocek €50- €70 per orang untuk menuju Cordoba Central dengan jarak tempuh 1 jam 42 mins. Bagaimana pusing-nya booking tiket kereta online di spanyol dan apa saja tips-nya, saya sarankan untuk membaca penjelasan di website tripadvisor ini terlebih dahulu.

Kereta Cepat Renfe menuju kota Cordoba

Sekitar jam 10 pagi akhirnya tiba di Cordoba Central, disini kami hanya stopover selama 5 jam untuk mengunjungi Mezquita dan Historic town Cordoba, pusat peradaban Islam di Barat pada abad ke-10 dan 11. Di Cordoba central kami menitipkan backpack dan barang2 bawaan di loker atau consigna dalam bahasa spanyol yang bisa disewa selama 12 jam (kalau tidak salah harganya berkisar €3-6 tergantung ukurannya dan ada petugas yang akan membantu kita). Dari station kita bisa jalan kaki sekitar 30 menit menuju historic town atau bisa juga naik bis, berhubung cuaca cukup bersahabat dan kota-nya cukup nyaman kami memutuskan untuk berjalan kaki menyusuri boulevard botanical garden yang mengarah ke Mezquita-Cathedral di tepi sungai Guadalquivir.

Untuk masuk kompleks Mezquita-Cathedral (masjid yang sekarang menjadi katedral) pengunjung diharuskan membeli tiket seharga €8/orang waktu kunjungan 10 AM – 7 PM (maret – oktober). Jika tertarik dengan sejarah Cordoba, sambil mengelilingi mezquita kita bisa menyewa audioguide sebesar €6 atau menyewa local guide kalau tidak salah tarifnya sekitar €30/ 2 hours.

Day 02. Cordoba – Granada

Setelah berkeliling historic town Cordoba dan menyempatkan sholat zuhur di sebuah masjid disana, kami kembali ke stasiun sambil beristirahat dan mengambil barang2 di loker. Sore itu perjalanan dilanjutkan ke Granada, ada dua alternatif transport yang bisa digunakan yaitu kereta dan bis, dengan waktu tempuh yang relatif sama kereta lebih mahal sekitar €50/orang, dan bis hanya €16 /orang (2 jam 45 mins) dan tersedia 8x trip per hari (kereta cepat hanya 4x). Tiket bus sudah dibooking jauh-jauh hari via website ALSA atau kalau tidak berhasil bisa coba via Movelia . Jangan lupa untuk mem-print tiket dan membawanya, stasiun bus tepat berada di seberang stasiun kereta Cordoba Central, 30 mins sebelum jadwal kami sudah berada di ruang tunggu bus sambil menikmati makan siang standard Subway Tuna, sebelumnya mengecek jadwal dan lokasi feron untuk tujuan ke Granada. Di tiket sudah tertulis nomer tempat duduk sesuai pilihan kita ketika booking online, ketika akan naik seorang petugas dengan jaket bus ALSA akan mengecek tiket yang sudah kita print dan mempersilahkan kita untuk menaruh barang di bagasi bus. Jam 15.30 sore kami meninggalkan Cordoba dan tiba di stasiun bus Granada di Carretera de Jaen sekitar jam 6 sore yang terletak sekitar 15 menit naik bus dari pusat kota Granada.

Berbekal alamat dan peta hotel yang sudah kami booking via Hostelworld, dari depan stasiun bus di de Jaen kami menaiki minibus nomer 33 (atau 3) menuju area Gran Via de Colon. sempat kebingungan mau turun di halte mana, untungnya ada penduduk lokal yang bisa berbahasa inggris dan mengerti alamat yang kami tuju, akhirnya kami disarankan turun di halte bus Gran Via 3 dari sana tinggal jalan kaki sekitar 5 menit. Kami menginap di Itinere Hostel dengan tarif  €44/room/ 2 person – ensuite, included breakfast), lokasinya cukup strategis di pinggir jalan utama yang dilalui shuttle bus menuju Plaza Nueva, Albaycin, dan Alhambra; serta cukup jalan kaki 10 mins ke pusat komersial di sekitar Catedral Granada dan plaza de Isabel.

Setelah check in hotel, sore itu (8-10 PM) kami habiskan untuk jalan2 di pusat kota Granada melihat2 toko souvenir sekitar Cathedral dan area Alcaiceria, sejenis bazar dengan deretan toko2 di dalam gang kecil yang umumnya menjual barang2 khas maroko dan Granada. Di sekitar Plaza Nueva yang banyak terdapat deretan restoran dan cafe, Alhamdulillah kami menemukan tempat makan halal yang menjual kebab plus kentang goreng, menu standar backpacking di eropa😉

deretan toko souvenir – near plaza nueva

Day 03. Alhambra, Granada

Agenda utama hari ini adalah mengunjungi Istana Alhambra dan Taman Generalife serta Albaycin (Moorish Neighborhood). Tiket masuk  sudah dibeli online 3 minggu in advance via ticketmaster seharga €13,40/ orang. Jumlah visitor per hari yang diperbolehkan mengunjungi Alhambra sangat dibatasi sehingga waktu kunjungan dibuat beberapa slot: morning, afternoon & evening. If you won’t be upset, don’t be dare to come without booked tickets in your hands!  Ketika booking tickets, slot waktu yang tersisa hanya ada di afternoonjam 14.00 PM. Oiya, jangan lupa membawa kartu kredit yang digunakan ketika booking ticket, karena ketika tiba di Alhambra kita perlu me-print tiket di mesin yang sudah tersedia dengan menggunakan kartu kredit tsb. Info detail baca disini buy Alhambra tickets

Meskipun kota kecil, namun transportasi publik di Granada sangat baik, berhubung akses ke Albaycin dan Alhambra hanya berupa jalan kecil yang berliuk-liuk plus menanjak ke atas bukit, untuk memudahkan maka angkutan yang digunakan berupa minibus/ van dengan kapasitas 10 orang. Tiket minibus bisa langsung dibeli melalui driver €1,20/ one way atau kalau mau hemat bisa beli tiket jenis Bono (Bus Pass), one way terhitung cm 80 cent, 1 kartu bisa digunakan 4 org, kalau habis credit bisa di top up, ketika sdh tidak digunakan lagi bisa dikembalikan ke driver dan dapat cash back  €2

minibus 30 to Alhambra – get on from halte Gran via 1 (in front of Cathedral)

Berbekal informasi dan peta dari resepsionist Itenere Hostel yang sangat friendly, pagi itu setelah sarapan kami memulai perjalanan dengan mengunjungi Albaycin, sebuah perkampungan khas bangsa Moor yang terletak di atas bukit. Tujuan utama adalah area Mirador san de Nicola – ruang terbuka di depan Cathedral, dari sana kita bisa melihat kemegahan Istana Alhambra  secara keseluruhan yang berdiri di puncak bukit Asabica. Selain itu, persis di samping Mirador san nicola terdapat Mezquita Mayor de Granada, Masjid besar Granada nan teduh lagi indah, tempat melepas lelah dan menunaikan sholat tahyatul masjid 2 rakaat. Untuk menuju Albaycin kami menggunakan minibus 31 dari halte dpn hostle (Gran via de colon 3). untuk saving energi, pulangnya menuruni bukit Albaycin kami memilih menggunakan bus yang sama dengan arah menuju Plaza Nueva, sambil beristirahat dan mencari makan siang sebelum melanjutkan kunjungan ke Alhambra.

Untuk menuju Alhambra bisa dengan shortcut jalan kaki (tapi hiking) dari Plaza Nueva atau menggunakan minibus 30, naik dari depan Cathedral (Jalan Gran via de colon) sekitar 15 menit. Jam 1 siang kami sudah tiba di Alhambra, antri sebentar di mesin tiket dan siap2 antri memasuki Alhambra slot afternoon yang dibuka jam 2 siang. Ada 3 bagian penting di dalam komplek istana Alhambra yang wajib dikunjungi yaitu Taman Generalife, Nasrid Palace dan benteng Alcazaba, at least sediakan waktu 3-6 jam untuk bisa mengeksplorasi plus menikmati seluruh tempat dan jangan lupa membawa air minum. Perlu diperhatikan, bagian paling utama adalah Nasrid Palace, setiap pengunjung menadapat slot waktu yang telah ditentukan di tiket untuk bisa masuk, diluar waktu tsb atau telat datang tidak diperbolehkan lagi. Kunjungan kami dimulai dari Taman Generalife diteruskan ke Nasrid Palace (16.00 pm) dan berakhir di Alcazaba. There’s no words  I can say, except Subhanallah, Alhamdulillah and AllahuAkbar  – a truly heaven on the earth…

Map of Alhambra

Selesai dari Alhambra, kami kembali ke Hostel untuk beristirahat, sholat dan mengambil backpacks (Again, thanks a bunch Itenere hostel) sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta malam (tren hotel) menuju Barcelona, berangkat dari Granada Central jam 10 malam dan tiba di Barcelona Sants (main station) sekitar jam 09.30 pagi. Harga tiket tren hotel ini bisa dibilang mahal yakni €92/org (kalo beli lebih awal bs saja dpt tiket seharga €65), tapi selain bisa saving waktu di jalan, juga saving biaya hotel satu malam. Keretanya sangat nyaman dan aman, 1 compatment/kamar terdiri 4 bed (jadi bisa tidur selonjoran atau duduk) dan bisa dikunci, terdapat juga wastafel kecil, dapet paket anduk+odol+sikat gigi, plus hanger untuk gantung jaket, dan juga selimut. Toilet dan shower terdapat diujung gerbong, ada juga cafetaria kalau mau beli kopi, teh, sandwich ato muffin dan snack lainnya. So, for the price it’s worth enough…dibandingkan kereta malam Utrecht-Prague yang isi 6 bed, tren hotel ini lebih baik. Kmrn kami booking ticket online via TGV, karena tdk berhasil via renfe, print out tiket dikirim via pos ke Leiden (Belanda) sampai dalam 1 minggu.

inside trenhotel, off to Barcelona

Next, Cintaku di Barcelona,…ekskursi Gaudi’s!

Lokasi ITENERE Hostel at Gran via de Colon

Lokasi ITENERE Hostel at Gran via de Colon

Rute public transport menuju Alhambra & puncak Albayzin di Granada

map Granada rez

note: tanda bulat biru / merah = halte


17 responses to “Menjelajah Negeri Matador

  • adya

    bisa minta infonya, texting me di +6282132949426 please

  • riri

    Halo Mbak, thumbs up buat blog nya.. lengkap deh.. hehe saya lagi cari-cari info ke Spanyol.
    sepertinya lebih hemat waktu dan biaya naik pesawat saja ya ?
    rencananya Mei nanti saya dari Paris, tadinya mau naik kereta full, spt eurostar paris -barcelona plus kereta dari barcelona – granada.. tapi pas lihat jadwal kereta barcelona ke granada, ternyata perjalanannya jadi lama banget yaa..
    boleh tanya-tanya ya mbak..

    – utk hari kedua Alhambra dan Albaycin kalau dibalik, jadi pagi ke Alhambra dulu bgmana ?
    – dari hostel itenere ke alhamra/albaycin berapa lama kira2 ya?

    ditunggu infonya ya Mbak.. n nanti tanya2 lagi..

    trims

    riri

    • J i l b a b t r a v e l e r

      Halo Riri, makasih udah nyasar ke blog saya🙂

      sy cb jawab satu2 ya:
      1. Kalo bisa dapet tiket murah dr barcelona ElPrat(BCN) langsung ke granada lebih Ok siy. cb cek http://www.vueling.com/en (ada 3x penerbangan dr Barcelona BCN). kmrn cukup mahal jadi sy ambil alternatif naik kereta malam. alternatif kl naik ryanair atau sejenisnya bisa landing di Malaga atau Seville, which is..take time karena kita harus naik kereta/bis lagi menuju Granada, belum lagi waktu yang harus disiapkan utk menuju airport, check in dll. kalo kereta keuntungannya center to center (pusat kota) cukup 30 mins datang ke station sblm jadwal berangkat.

      2. Ga masalah mau ke Alhambra dulu pagi baru ke Albayzin siang. kmrn pas booking ticket online kebetulan slot waktu pagi udh full, cm available siang dan evening.

      3. Lokasi hostel sdh saya tambahkan di blog ya, dr depan hostel tinggal nyeberang ke halte nunggu bis ke Albayzin (15 mins), tp kadang nunggu bis juga take time 10-15mins. kalo ke Alhambra, dr hostel jalan kaki dulu 5-10 mins ke depan Cathedral, naik bis dari sana sktr 15 mins juga.

      Ok goodluck ya

  • Dede

    mba waktu itu total perjalnan ini ongkosnya berapa mba? selain jajan2

  • Hesti

    Assalamualaikum,
    Nanya2 dikit boleh ya? Itu hostel di granada deket stasiun kereta ya, mbak?
    Kalau stasiun busnya jauh ga?
    Trus gran via de colon itu jalan satu arah bukan? Jadi kalau mau balik ke hostel dari alhambra naik apa?
    Apakah bus ke alhambra hanya ada di depan cathedral?

    • J i l b a b t r a v e l e r

      Wa’alaikumussalam Hesti,
      1. Iya hostel dkt train station, kl terminal bus msh hrs naik bis lg 15-30mins cek di google map.
      2. Gran via de Colon 2 arah, bis ke albayzin itu sirkulasinya ‘loop’. Sedangkan yg ke Alhambra itu PP dr cathedral -Alhambra *seingat sy ya…
      Cb dicek online. Balik ke hostel sy jalan kaki dr cathedral..ato naik bis jg bisa kl males jalan

  • alvianiqbal

    Salam. Mbak, apakah bisa beli tiket masuk Alhamra di tempat? Trm kasih

    • J i l b a b t r a v e l e r

      halo Alvian,

      Iya bisa beli tiket on spot pas hari-H, cuma harus antri pagi-pagi (antrian panjang bisa sp 2 jam) soalnya tiket yg dijual terbatas.

      Alternatifnya :
      – beli melalui cabang BBVA bank di manapun di Spanyol, atau
      – bisa ikut ‘guided tour’ yang banyak tersedia disana (agent travel/tanya receptionist hotel,cari di google) cuma biaya tentu saja jauh lebih mahal.

      hope it helps
      iin

  • Fahmi

    Assalamu’alaikum

    to Jilbabtraveler

    Sy jg ada rencana, insyaa allah, mau ikutan konfrensi ke Madrid di awal Juni nanti, dan setelahnya mau jalan ke Cordoba-Granada sama ke Barcelona.

    Untuk yang granada-cordoba sudah sangat jelas sekali, mudah2an bisa ngikutin. Kalo untuk yang barcelona boleh jg dong di share pengalamannya?

    Sebelumnya terima kasih.

    Salam,
    Fahmi

  • sarahmawla

    haloo mbaa blognya oke banget!! kebetulan aku juga mau ke spain july ini rutenya sama persis sama mba! cuma bedanya aku dr barcelona- granada- cordoba-madrid. aku mau nanya yaa, 1 setengah hari di barcelona cukup gaak? dan aku nyampe granada jam 8, cukup ga ya ikutin itinenary mba pas di granada?
    thank youuu🙂

  • sarahmawla

    Oh iya mba tanya 1 lagi, aku barusan cek bus dr granada ke cordoba adanya jam 10.30-13.10 cukup ga ya buat liat2 cordoba kalo nyampenya jam segitu? Atau sebaiknya habis dr alhambra langsung ke cordoba naik bus malam dan semalam di cordoba? Thank youuu ;D

  • Imam Sunarko

    halo mba, blog nya sangat inspire banget. Dan rencana bulan depan saya mau ke Alhambra. perjalanan dari Paris ke Madrid pagi hari lalu Lanjut dengan train ke Cordoba. stopover 5jam lanjut ke Granada. bsok ya baru ke Alhambra. nah saya cek di ticket master utk bulan depan tanggal 24 udah fix booked padahal masih satu bulan lagi. apakah ada cara lain utk beli Tiket itu ya? kalo beli go show possible dapat ticket gak ya mba, antri Dr pagi? please give me best suggest to my trip. thanks

    • Indah Mutia

      Halo Imam,

      bisa ikut ‘guided tour’ yang banyak tersedia disana (agent travel/tanya receptionist hotel,cari di google) cuma biaya tentu saja jauh lebih mahal.

      kemaren teman sy jg kehabisan tiket online dan akhirnya pk yg guided tour

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: